Bahaya Merokok Bagi Kesehatan



Bahaya merokok bagi kesehatan – Merokok merupakan salah satu kebiasaan seseorang yang sulit untuk dihilangkan,bahkan beberapa orang mengakui bahwa dengan merokok dapat mengurangi berbagai masalah kehidupan yang dialaminya meskipun mereka tahu akan bahaya dari merokok tersebut. Namun tahukah anda akan bahaya sebenarnya dari merokok tersebut? para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa merokok dapat menggerogoti tubuh kita dari dalam, karena lambat laun pasti tubuh kita akan mudah terserang penyakit nantinya.

bahaya-merokok-bagi-kesheatan.jpg (413×330)


Bahaya rokok, secara harafiah rokok termasuk dalam tingkatan barang yang menyebabakan kecanduan bagi penggunanya layaknya narkoba dan ganja, namun merokok masih berada pada tingkatan paling bawah dari semua itu. Hal tersebut dikarenakan didalam rokok terkandung zat addictive yang membuat penggunanya kecanduan seperti nikotin, tar, sianida, metanol, asetilina, karbon monoksida dan lainnya. 

Namun meskipun berada di tingkat bagian bawah, merokok tetap berbahaya bagi kesehatan karena dalam jangka waktu tertentu pasti akan ada efek samping dari merokok bagi kesehatan kita.


Bahaya dari merokok mungkin tidak bisa kita lihat secara langsung hari itu juga, bahayanya baru akan terasa setelah beberapa waktu seseorang tersebut mulai kecanduan merokok. Mungkin berikut adalah beberapa bahaya merokok bagi kesehatan yang bisa kita ketahui :
1. Penyakit Jantung
Salah satu penyakit yang pasti timbul dari merokok adalah penyakit jantung, kenapa saya katakan demikian? karena menurut survei di tahun 2012 ini penyebab utama dari seseorang terkena serangan jantung adalah merokok. karena beberapa zat yang dikandung oleh rokok seperi nikotin dan tar dapat menurunkan kinerja dari jantungitu sendiri sehingga kerentanan akan penyakit jantung akan semakin tinggi.
2. Kanker Paru-Paru
Penyakit lain yang mungkin timbul akibat dari merokok adalah kanker paru-paru, kanker ini timbul karena paru paru kita terlalu banyak mengangkut udara yang bersifat karsinogenik dari asap rokok yang menyebabkan terjadinya disfungsi pada organ paru-paru. selain itu asap rokok juga dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit kanker lainnya.
3. Mempercepat Kematian
Dari berbagai survei dari tahun ke tahun seseorang yang mati akibat merokok semakin meningkat, hal ini membuktikan bahwa dengan kata lain merokok dapat memepercepat kematian seseorang.
4. Membahayakan Kesehatan Orang lain (Perokok pasif)
Jangan disangka merokok hanya mangancam kesehatan kita sendiri namun secara tidak langsung ada telah merugikan kesehatan orang lain karena seseorang yang berada disekitar kita juga ikut menghisap asap rokok tersebut yang kemudian kita kenal dengan perokok pasif. Jangan 
dikira perokok pasif ini tidak berbahaya bagi kesehetan malah hal ini akan menjadi ancaman bagi orang tersebut. Oleh karenanya saran saya jangan dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok dan buat para perokok sebaiknya jangan merokok di tempat umum.
5. Berbahaya bagi kesehatan janin (untuk para wanita)
Merokok bagi seorang wanita entah itu perokok aktif atau pasif itu akan sangat berbahaya buat kesehatan janin seseorang wanita, karena nanti bisa menyebabkan keguguran atau bayi nantinya lahir dalam keadaan cacat.

Sebenarnya masih banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan oleh merokok ini, namun yang jelas merokok tidak ada mafaatnya buat kesehatan kita alaupun ada yang bilang dengan merokok dapat membuat seseorang menjadi tenang, rileks dan damai itu hanyalah sementara karena efek dari zat yang dikandung oleh rokok tersebut. Oleh karena itu mari kita jaga kesehatan tubuh kita dengan mulai menjauhi merokok, apalagi setelah kita mengetahui tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan.

Nah mulai sekarang mari yuk, agan-agan yang cewe or cowo sekalian mulai mengurangi rokok demi kesehatan. Dari pada diteruskan malah organ tubuh kita makin rusak, biaya yang akan dikeluarkan dikemudian hari pasti akan lebih banyak bukan. Bukan begitu gan...?? :)


Bagikan :