Ciri Awal Tanda Kehamilan



Ada 10 Ciri-Ciri Awal Tanda Kehamilan
1. Suhu Tubuh Meningkat
sekitar masa pembuahan, suhu tubuh akan naik sedikit dan akan tetap meningkat sebagai awal tanda kehamilan berkembang. Jika menjelang hingga masa normal menstruasi tiba suhu tubuh Anda tetap tinggi, ini merupakan salah satu awal tanda kehamilan.
2. Darah Sedikit keluar
Timbulnya bercak merupakan salah satu tanda awal bahwa anda sedang hamil. Namun anda musti bisa membedakan bercak merah tersebut dengan menstruasi. Jika bercak merah biasanya berwarna merah muda atau kecoklatan disebut dengan flek. sedangkan untuk darah menstruasi berwarna merah segar, pastinya anda tidak asing dengan warna ini.
3. Kelelahan
Anda akan merasa lelah yang tidak seperti biasanya  bahkan pola tidur Anda akan mengalami perubahan. Hal ini disebabkan perubahan kadar hormon Anda dan biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika Anda mulai menikmati masa kehamilan.
4. Puting sensitif dan nyeri di payudara
Kenaikan kadar hormon dapat mempengaruhi perubahan pada payudara, payudara terasa penuh, padat, kencang dan puting terasa gatal serta lebih menonjol. Ini juga mereda ketika tubuh terbiasa dengan perubahan hormon yang anda alami.
5. Areola lebih gelap
Daerah sekitar puting disebut areola (bagian coklat disekitar putting ) menjadi hitam dengan bengkak kecil yang tampak.
6. Meningkatnya Buang air kecil
Sering buang air kencing adalah salah satu ciri-ciri awal bahwa anda sedang hamil. Biasanya kental dan keruh. Hal ini dapat terjadi pada minggu pertama setelah pembuahan. Hormon “human chorionic gonadotropin” (hCG) yang dihasilkan ketika implan telur menyebabkan peningkatan buang air kecil.
7. Sembelit
Karena perubahan hormon usus dapat berfungsi secara berbeda dan tidak efektif untuk mencerna dan pembuangan secara normal. Ini bisa menjadi salah indikator awal tanda terjadinya kehamilan.
8. Kontraksi rahim
Kegiatan seperti olahraga, bergerak dan berhubungan dengan pasangan dapat memulai kontraksi dalam rahim, yang dapat dirasakan sebagai kram ringan. Hal ini biasa terjadi pada awal tanda kehamilan.
9. Morning sickness
Mual dapat dialami sebagai salah satu awal tanda pertama kehamilan dan ini biasanya terjadi pada sekitar setengah wanita hamil. Meski sering disebut sebagai “morning sickness” itu bisa terjadi setiap saat di pagi hari
10. Tidak ada periode menstruasi
Ini adalah tanda kehamilan yang paling jelas dari point yang diatas, tetapi selalu ada pengecualian. Beberapa wanita masih mengalami menstruasi dan masih bisa hamil, tapi periode menstruasi ini jauh lebih ringan dan rentang waktunya hanya satu atau dua hari.
Ada alasan lain tidak menstruasi bisa dinyatakan hamil seperti stres atau penyimpangan lain, tetapi jika periode menstruasi Anda biasanya teratur dan mendadak tidak mengalaminya maka dapat dikatakan Anda sedang hamil.
Bagikan :